Rabu, 29 Januari 2014

My Idol : Alyssa Saufika Umari



ALYSSA SAUFIKA UMARI

Entah mengapa aku ngefans banget sama cewek berdagu tirus itu. Padahal boro-boro ketemu, mention aja mungkin gak pernah dibaca *malang banget sih :(* IFY, IFY, IFY..... hanya 3 huruf namun dapat membuat hatiku tergerak jika aku mendengar atau membaca kata itu. Aku mengenalnya lewat siaran televisi diacara pencarian bakat atau yang biasa disebut Idola Cilik. Dia bagaikan magnet yang mampu membuatku terus menatap dan mencarinya lewat berbagai media dari kelas 5 sd sampai sekarang. Hampir 6 tahun, waouuwww...!! Tapi, aku tetap dengan setia mendukungnya untuk menjalani karir. Dia itu merupakan seorang motivator untukku, dia bahkan mampu memberikan semangat dalam hari-hariku, walau sekedar lewat tulisan di jejaring sosial. aku menyukainya, dan aku tak pernah tau apa alasan aku untuk menyukainya. Karena jika aku tahu alasanku yang sebenarnya, maka saat aalsan itu hilang dari dirinya aku juga akan berhaenti untuk menyukainya. *cieilah bahasanya*

Ini biodata singkat dari seorang IFY
Nama : 
Alyssa Saufika Umari (Ify)
TTL : 
Bandung, 6 Desember 1996
Nama Orangtua : 
Tubagus Hanafi Soeriaatmadja dan Gina Sonia
Anak ke-:
ke-2 dari 3 bersaudara. Kakak-adik: Eizel Mauldy Muhammad, Khalif Ali Husain
Alamat : 
Bintaro Jaya sektor 9, Tangerang, Banten.
Agama: 
Islam.
Sekolah : 
SMA Al-Izhar, Pondok Labu, Jakarta Selatan. Kelas XI-4.
Hobby : 
Main Piano, Menyanyi, Photography.
Penguasaan Alat Musik :
Piano, Perkusi Etnik, Gitar, Drum

Karir/Prestasi :
- Pertama Belajar Nyanyi dan Piano secara otodidak umur 4 tahun (2000)
- Konser @TIM with Dwiki Dharmawan Orkestra (2004)
- Extravaganza with Elfa Secioria (2005)
- Java Jazz Festival 2006 with Elfa Secioria & Sadao Watanabe (2006)
- Finalis Idola Cilik 1 : 12 Besar (2008)
- Juara 1 Idola Cilik Duet - with Septian (2008)
- Album Kompilasi Idola Cilik 1 (2008)
- Pengisi Suara vokal & Soundtrack Film Melodi (2009)
- Album Kemanusiaan PMI "Suara Sahabat" (2010)
- Super Idola Band - Keyboardist (2010)
- Personil Icil Diva (2010)
- Aktif berbagai Perform with Dwiki Dharmawan: Jazz Clinic, HUT Polri, Harkitnas, dll. (2010-2011)
- Penyanyi termuda di genre 'World Music' - Java Jazz Festival 2011 (2011)
- BLiNK (2011)
- Menciptakan 2 lagu perdananya untuk Blink: Blinkin' & Andaikan (2011-2012)
- Pemain Sinetron Putih Abu-Abu. SCTV. ScreenPlay Production (2012)
- Sinetron Putih Abu-abu 2. SCTV. ScreenPlay Production (Januari 2013)
- 1st Album "BLiNK" (Maret 2013)
- Bintang Iklan Rexona Teen (2013)
- Bintang Iklan Greebel Correction Pen (2013)
- Bintang Iklan Softener So-Klin Pewangi (2013)
- Bintang Iklan Mie Sedap Cup (2013) 
- Brand Ambassador Sophie Paris Produk B&G dan Parfum "Blink Collection" (2013-2014)
- FTV "Pacarku Superstar". SCTV. ScreenPlay Production (2013)
- FTV "Indahnya Cinta Pertama". SCTV. ScreenPlay Production (2013)
- Soundtrack Drama Terbaik dengan lagu "Hujan dan Teduh" (ciptaan Ify Alyssa). Festival Drama Al-Izhar Pondok Labu (2013)
- Sinetron "Diam-diam Suka" SCTV. Screenplay Production. As Fio. (2013)


Real Account : cek laman di web ini >> CP & Real Account

Biografi Singkat IFY (last update November 2013)

Ify adalah seorang gadis yang dilahirkan di Bandung 6 Desember 1996 dengan nama lengkap Alyssa Saufika Umari yang kemudian biasa dipanggil dengan nama IFY. Nama Alyssa Saufika Umari sendiri memiliki makna yang sangat mendalam. Alyssa berarti budi luhur, Saufika berarti "welas" atau penuh kasih. Dan Umari diambil dari nama Khalifah Umar bin Khattab yang memiliki jiwa pemberani, ketegasan, keteguhan jiwa dan gaya hidup sederhana.

Ify merupakan finalis dari Idola Cilik 1 (2008). Dia adalah seorang anak muda yang begitu mencintai musik dan berbakat di dunia musik. Kecintaannya terhadap dunia seni dan hiburan, turut dipengaruhi oleh keluarganya yang memang berdarah seni. Buyut Ify bisa memainkan banyak alat musik, nenek Ify (Farida Pasha) adalah seorang aktris tahun 70an, mama Ify (Gina Sonia) seorang presenter berita di TVRI, sedangkan papa Ify (Tubagus Hanafi) adalah Direktur Program MM Eksekutif Binus Business School yang juga sangat mencintai musik. Ify adalah anak kedua dari 3 bersaudara, dengan 1 kakak laki-laki yaitu Eizel Mauldy Muhammad dan 1 adik yaitu Khalif Ali Husain. Awalnya Ify belajar piano mulai dari TK (4 tahun), kemudian belajar musik & menyanyi di Sekolah Musik Farabi (milik Dwiki Dharmawan) dan Elfa Music School. Sekarang dia menyukai keduanya dan sering tampil bernyanyi sambil bermain piano atau gitar.

Dalam acara pencarian bakat Idola Cilik, perjuangannya juga patut diacungi jempol karena Ify ini harus berhenti di 12 besar IC 1 dengan alasan banyak yang SMS Ify tetapi salah mengetik nama dengan "Iffi, Ivi, Ivy dan sebagainya", akan tetapi karena banyak fans yang menginginkan ia kembali, akhirnya RCTI mengundang Ify kembali menjadi peserta IC Duo berpasangan dengan aktor cilik bernama BioOne tapi mereka harus berhenti di runner-up. Tak menyerah Ify dipanggil lagi dan menjadi peserta IC Duet berpasangan dengan Septian finalis IC 1, akhirnya mereka menjadi Juara 1.

Tidak hanya itu prestasi Ify. Diluar IC, Ify pernah terlibat di Java Jazz Festival menyanyi bersama Sadao Watanabe (2006), terlibat dalam pembuatan album film layar lebar berjudul Melodi (2009), dan juga terlibat dalam pembuatan Album kemanusiaan "Suara Sahabat" dari PMI (2010) yang juga melibatkan banyak musisi Indonesia seperti Dwiki Dharmawan, Tompi, Opie Andaresta, Nugie, Fariz RM, dll. Pada Java Jazz 2011 Ify menjadi penyanyi jazz termuda (14 tahun) yang terlibat di event tahunan itu dan ia membawakan genre musik jazz etnik (World Music) dengan menyanyikan Lamalera (karya Dwiki Dharmawan). Ify juga pernah beberapa kali manggung ke luar negeri salah satunya kekerajaan Brunei. Dan sampai tahun 2011, Ify sudah 4 kali tampil mengisi acara di event-event penting yang tamunya merupakan Presiden RI dan pejabat-pejabat penting lainnya.

Ify semakin dikenal banyak orang sampai sebuah Band luar negeri, Incognito, yang sempat melihat video Ify di Youtube pernah berkata bila dia ke Indonesia ingin mengajak Ify berduet bersama. Gadis ini tak sombong, ia sangat santun dan sopan. Gabriel Stevent Damanik yang merupakan temannya di IC 1 pernah mengatakan bahwa ia sangat kagum terhadap Ify. Ify juga pernah terpilih menjadi motivator cilik bersama Gabriel Stevent Damanik, Cakka Nuraga, Brandon dll.

Pencinta musik Jazz ini tak hanya hebat dengan kariernya tetapi dia juga selalu mendapat rangking di sekolahnya. Kepopulerannya menjadikannya sering dipasangkan fans-fansnya dengan sejumlah artis tapi Ify tak pernah ambil pusing, dia bersikap biasa saja dan menganggap mereka semua teman. Itulah Ify, di luar dia terlihat santai dan cuek tapi di dalam dia selalu bisa berfikir dengan matang dan memperhatikan sekitarnya. Tak heran, ia bisa memiliki pergaulan yang cukup luas dan baik, baik itu di lingkungan rumah/sekolahnya, maupun di lingkungan dunia industri hiburan yang tengah ia geluti sekarang.

Sering tampil dan mencoba banyak hal membuat Ify mendapat banyak pengalaman dan ilmu yang berharga. Misalnya saja saat mengikuti Idola Cilik. Idola Cilik bagi Ify merupakan “sekolah” yang sangat memperkaya dirinya, ilmu tampil di depan umum, pertemanan, sampai psikologi, sehingga memahami bagaimana sebaiknya menghadapi orang, mempertahankan kekompakan dan meningkatkan kerja sama dengan sesama teman. Begitu juga disaat Ify bersama personel Blink yang lain membintangi Sinetron Putih Abu-Abu dengan Eza Gionino, Derby Romero, Ratna Kharisma Adzana dll yang ditayangkan oleh SCTV. Walau dunia akting bukan passion dia, tapi disini dia diajarkan dan diasah bagaimana bisa membagi waktu dengan cermat serta bisa bersikap profesional & bertanggung jawab terhadap apa yang tengah ia kerjakan.

Sebelum bergabung dengan Blink, Ify juga sempat bergabung dengan band yang dibentuk oleh Idola Cilik yaitu Super Idola Band (SIB) bersama Gabriel, Cakka, Agni, Ray, Alvin, Debo, dan Zevana. Ify mengisi posisi sebagai pemain keyboard di SIB. Setelah itu juga sempat tergabung dalam vokal grup bentukan IC, yaitu Icil Diva bersama teman-temannya di IC1: Sivia, Angel, Zahra dan Shilla. Sampai akhirnya di pertengahan 2011 ia bergabung di sebuah Girlband, Blink (Ify, Sivia, Shilla, Febby, Pricilla) dan terjun ke industri musik secara Profesional dan mengeluarkan banyak lagu. Di BLINK Ify menjadi Lead-vocal bersama Sivia. Ify memiliki karakteristik nyanyian yang indah dengan teknik improvisasi yang luar biasa. Suaranya yang Jazzy, tinggi dengan falset yang apik menjadi ciri khasnya. Selain pandai memainkan berbagai alat musik seperti Piano, Gitar dan Perkusi, Ify di usianya yang masih belia (14 tahun) juga telah mampu menciptakan beberapa lagu untuk Blink, diantaranya berjudul "Andaikan" dan "Blinkin". Bakatnya dalam menciptakan lagu terus berkembang, hingga tahun 2013 (usia 16 tahun) telah tercatat sudah belasan lagu telah mampu diciptakan (diantaranya berjudul: Hujan & Teduh, Maaf, Bintang, dll) dan siap dibawakan oleh Blink maupun penyanyi-penyanyi Profesional Indonesia lainnya. Inilah yang semakin mempertegas bakat alaminya sebagai bibit musisi handal di masa depan.


Pokoknya sukses terus buat idolaku yang unyu-unyu... :*
IFC "We're Still Together"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar